Ketombe dan Tips Mengatasinya

Sponsored


Udah lama banget g posting, sekarang mau posting lagi agh. Kali ini vie mau bahas tentang kesehatan lagi. Kesehatannya tentang ketombe. Udah pada kenal kan sama ketombe? Ketombe atau yang biasa di sebut dandruff atau kalau menurut bahasa kedokterannya Ptiriasis sika, itu merupakan kelainan yang menyerang kulit kepala berupa sisik-sisik halus mulai dari bercak-bercak kecil sampai bisa mengenai ke seluruh kulit kepala dan bersisik kasar.
Apakah ketombe termasuk ke dalam golongan penyakit yang berbahaya? Tenang aja! Ketombe tidak termasuk ke dalam golongan penyakit yang berbahaya kok. Ketombe ini termasuk golongan penyakit yang disebut dermatitis seboroik, dan sampai sekarang belum diketahui secara jelas penyebab nya itu apa, tapi diduga berhubungan erat dengan aktivitas kelenjar sebacea/kelenjar keringat. Banyaknya keringat dikulit kepala merupakan tempat yang subur untuk berkembangbiaknya kuman dan terjadi infeksi, banyak percobaan dilakukan bahwa bakteri pityrosporum ovale berhubungan dengan infeksi ini.
Kadang selain infeksi, adanya ketombe dikulit kepala juga dipacu karena adanya stress, kelelahan emosional dan kelelahan fisikmu. Keluhan yang timbul biasanya gatas, rambut berminyak dan bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan.
Buat kalian semua yang mengalami masalah dengan ketombe vie mau ngasih sedikit tips untuk mengatasinya. Silahkan dibaca dan di praktekkan!
1.Keramas pakai shampoo anti dandruff 2-3 kali seminggu selama 5-15 menit, atau bisa juga dengan selenium sulfide (Selsun)
2.Hindari faktor pemicu, misalnya stress, kelelahan emosional dan kelelahan fisik
3.Jaga kebersihan rambut
4.Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak.
5.Bila ketombe kamu berat dan meluas, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Gitu aja dulu deh postingan dari aku kali ini, semoga bermanfaat buat semua.

!!!

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos